RADIO ZFM ON AIR

Friday, July 27, 2012


fotoIni Sebab Layanan Twitter Terhenti Tadi Malam


TEMPO.CO , San Fransisco - Twitter berhenti beroperasi selama beberapa saat semalam. Pengelola situs mikrobogging ini menyalahkan kegagalan sistem sebagai biang keladinya.

Perusahaan yang berbasis di San Francisco mengatakan ada kegagalan ganda di pusat datan mereka. Ketika satu sistem gagal, sistem paralel yang semestinya secara otomatis mengambil alih, juga diketahui tak berfungsi.

"Saya berharap saya bisa mengatakan berhentinya layanan ini dapat dijelaskan dengan alasan trafik tinggi selama Olimpiade atau adanya virus," kata Mazen Rawashdeh, wakil presiden Twitter urusan teknik, dalam sebuah pernyataan. "Sebaliknya, (berhentinya operasi) karena problem ganda pada infrastruktur."
Dia meminta maaf karena telah memberikan membuat pengguna kecewa. Ia menyatakan perusahaan akan melakukan "investasi secara agresif dalam sistem untuk menghindari situasi yang sama berulang di kemudian hari."

Pengunjung ke situs pada hari Kamis disambut dengan pesan setengah halaman yang  mengatakan bahwa "Twitter saat ini sedang down."
Berhentinya layanan dilaporkan selama lebih dari satu jam di negara-negara di benua Amerika, Eropa, Asia, dan Afrika. Beberapa pengguna mampu untuk mengirim tweet namun melalui ponsel mereka atau aplikasi pihak ketiga.

Tweet tentang obor Olimpiade, masih menjadi trending topic walau lebih lambat dari pada hari sebelumnya. Semula diduga lonjakan trafik selama pesta olahraga ini yang membuat situs menjadi drop.
Hastag WhileTwitterWasDown menjadi topik yang paling banyak dibicarakan oleh pengguna Twitter di Amerika Serikat. Dari mulai yang serius hingga lelucon muncul, misalnya produktivitas yang dihasilkan dengan matinya Twitter, seperti jalan-jalan di luar rumah untuk mendapatkan sinar matahari.

Twitter memiliki lebih dari 140 juta pengguna aktif dan melayani 340 juta tweet sehari.


Saiful Rizal

No comments: